Minggu, 12 Maret 2017

Cara Merawat Savannah Monitor

Cara Merawat Savannah Monitor

Savannah Monitor (Varanus exanthematicus)

Salah satu anggapan yang salah mengenai savannah monitor (savmon) adalah bahwa savmon adalaha hewan gurun, padahal bukan, sesuai namanya savmon adalah biawak penghuni sabana (sabana tidak seperti gurun!)

Kebanyakan savmon yang dijual di toko hewan peliharaan adalah hasil tangkapan alam dari Ghana, Afrika (kecuali bayi-bayi savmon hasil penangkaran, tetapi perawatan tetap sama). Ghana adalah sebuah negara di Afrika yang lingkungannya terdapat banyak padang rumput dan kelembabannya sangat tinggi dari tahun ke tahun. Jika kita gagal menyediakan kelembaban di dalam kandang, biawak ini akan dehidrasi. Banyak keeper savmon tidak tau bahwa savmon menghabiskan sebagian besar hidupnya di dalam lubang di dalam tanah untuk mendapatkan kelembaban dan untuk menghindari predator. Kehadiran lubang sangat penting untuk kesehatan savmon.

Savmon adalah kadal yang cerdas, mereka membutuhkan stimulasi, mengurungnya di dalam kandang tanpa ada apa-apa membuatnya seperti di dalam penjara, mereka MEMBUTUHKAN space yang besar, mereka MEMBUTUHKAN tanah untuk menggali lubang. Biawak di dalam penangkaran akan merasa bosan jika tidak diberikan tanah atau dekorasi lain.

Jika anda akan memelihara savmon sehat dan bisa hidup sampai bertahun-tahun, anda harus menyediakan kandang besar berisi tanah dengan ketebalan setengah dari tinggi kandang tersebut. Campuran tanah yang baik yaitu dengan dicampur pasir.

Temperatur dan Kelembaban

Kelembaban di dalam kandang harus dari yang paling rendah (di bawah atau di dekat lampu) hingga ke yang paling tinggi (mendekati kelembaban 100% di dalam tanah dan kelembaban 60% di seluruh bagian yang jauh dari lampu).

Lebih baik lagi jika ada hygrometer untuk memantau kelembaban di dalam kandang.

Lampu

Savmon sedang menghangatkan badannya
Agar savmon bisa berjemur dengan optimal, dan menghindari resiko terbakar oleh lampu, sebaiknya gunakan 3 buah lampu soft tone 45 watt (yang biasa untuk menghangatkan ayam goreng di KFC), lebih baik daripada satu lampu besar. Atau bisa membeli di petshop yang memang sudah diperuntukkan sebagai lampu reptil.

Suhu pada basking spot yang baik berkisar antara 54 - 65 °C (130 - 150 °F). Menggunakan satu lampu dengan watt yang tinggi bisa membakar kulit biawak dan membuat biawak dehidrasi.

Lebih baik juga jika disediakan lampu UV di dalam kandang.

Makanan

Mencit tidak menyebabkan obesitas pada savmon
Savmon adalah karnivora dan insektivora, jadi berikanlah savmon makanan seperti kecoa dubia, kecoa madagascar, cacing tanah, siput, belalang, jangkrik, ulat hongkong, pinkies, tikus putih, mencit, udang, dan puyuh.

Makanan yang TIDAK BOLEH DIBERIKAN antara lain:
- dog food, cat food, dan makanan kalengan lainnya (terlalu banyak bahan pengawet dan bahan kimia lainnya)
- bagian dari daging ayam seperti kepala ayam (kurangnya mineral penting)
- telur rebus apalagi telur ceplok dan orak-arik (bahan makanan yang dimasak menghilangkan kandungan penting di dalam makanan)

Sediakan juga tempat minum yang besar agar savmon juga bisa berendam di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar